MTDL, Saham Yang ‘Naik Kelas’

Jika ada sebuah saham yang harganya sudah naik nyaris 100% dalam setahun, 173% dalam dua tahun, apakah anda masih tertarik untuk membelinya? Apakah menurut anda saham tersebut masih murah? Well, saya menemukan kasus seperti ini di bursa saham kita. Adalah MTDL (Metrodata Electronics) saham yang harganya sudah melesat namun menurut saya saham ini masih bisa naik dan masih terbilang murah. Tapi bukankah sahamnya sudah naik hampir dua kali lipat dalam dua tahun?

Jika kita hanya melihat pergerakan harganya maka wajar bila kita beranggapan MTDL sudah terlampau mahal. Namun sebagai investor, kita harus selalu membandingkan harga sebuah saham dengan fundamental bisnisnya itu sendiri. Untuk kasus MTDL ini saya melihat bahwa MTDL sudah ‘naik kelas’. Mungkin tidak lama lagi MTDL akan masuk jajaran saham blue chip (jika bisa mempertahankan kinerjanya seperti saat ini). Jadi meskipun harganya sudah naik banyak, tapi dari segi valuasi, MTDL masih cukup murah. Lalu apa yang saya maksud dengan ‘naik kelas’?

Pada tulisan sebelumnya, saya berargumen bahwa saham yang baik adalah saham yang punya return yang tinggi atas investasi, baik ROIC maupun ROE. Nah, dalam hal inilah MTDL mengalami kemajuan yang signifikan. Lima tahun yang lalu ROIC MTDL adalah 22%. Tahun 2014, nilai ROIC ini melesat menjadi 39%. ROE di 2010 masih di level 8,7% sementara di 2014 sudah mancapai double digit 21,9%! Saya bilang ini adalah statistik yang fantastis. Tidak banyak bisnis yang bisa menaikkan kelasnya seperti ini. Lalu apa yang anda lakukan? Diam saja karena MTDL sudah naik cukup banyak selama ini? Atau jump into the boat karena dengan fundamental seperti ini MTDL masih tergolong murah? Well disini lah valuasi memegang peranan yang sangat vital. So, do your home work

Leave a comment